Survei ARCI : Mimik 30,5%, Khulaim 26,3%


SIDOARJO - Elektabilitas calon bupati Sidoarjo, Khulaim Junaidi terus meningkat. Naiknya elektabilitas Anggota DPRD Jatim itu terlihat dari hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI).

Direktur Eksekutif ARCI, Baihaki Sirajt menyebut penelitiannya menunjukkan sosok Khulaim muncul sebagai Top Of Mind. Khulaim bersaing tipis dengan anggota DPRD Sidoarjo, Mimik Indayana. Dimana Khulaim berada di urutan kedua yakni 26,3 %

“Posisi nomor 1 ada Mimik Indayana dengan angka 30,5 %,” ujar Baihaki, Rabu 14 Agustus 2024.

Baihaqi membeberkan posisi ketiga ditempati Ainun Jariyah 19,8 %, keempat Samsul Hadi 10,2 %. Selanjutnya urutan kelima Edy Widodo 6,4 %, dan tidak tahu 6,8 %. 

Baihaki menerangkan dengan angka melebihi 5 % menunjukkan bahwa sosoknya sudah sangat dikenal dan disukai masyarakat. 

“Itu saja bisa mempengaruhi kiprahnya selama ini di Sidoarjo. Beliau kan anggota DPRD Jatim saat ini dari Dapil Sidoarjo, jadi sudah barang tentu banyak aktivitas yang bersinggungan dengan masyarakat,” ucapnya. 

Baihaki menilai melonjaknya elektabilitas Khulaim mengejutkan. Mengingat baru dimulainya pergerakan di Pilkada Kabupaten Sidoarjo. 

“Saya yakin siapa pun Cabup yang menggandeng Khulam Junaidi sebagai Cawabup bisa mendongkrak elekt pasanganabilitas dan memiliki potensi menang,” paparnya.

Untuk diketahui, ARCI melakukan survei pada 22 Juli - 5 Agustus 2024 terhadap 1.200 responden di Kabupaten Sidoarjo. Data diambil melalui tatap muka wawancara terhadap responden yang dipilih secara multistage random sampling. Margin of error plus minus 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Menanganggapi hasil penelitian ARCI, Cak Khulaim mengaku dirinya saat ini sudah sering turuh ke bawah. Program 'Mbangun Ndeso Noto Kutho' sudah didengungkan ke warga Sidoarjo.

Politisi asal PAN itu menyebut turun ke masyarakat untuk membantu warga dalam kepengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB), kepengurusan sertifikat Halal, mengadakan pelatihan memasak bagi emak-emak yang berprofesi UMKM.

Selain itu, anggota DPRD Jatim ini juga membantu warga dalam pembuatan foto produk, pemasaran digital, memberikan bantuan alat-alat olah raga, alat pertanian dan nelayan serta bantuan lainnya.

“Semua program saya nyata dan dibutuhkan masyarakat sehingga sangat menyentuh hati warga Sidoarjo sampai bawah,” terang Cak Khulaim.

Cak Khulaim menjelaskan, jaringannya sampai ke bawah mencapai ribuan orang dan sudah terbentuk selama 5 tahun terakhir untuk berdiskusi serta menyapa masyarakat. (dir)

keterangan : Baihaki Sirajt, Direktur Eksekutif ARCI. foto: istimewa

Comments

Popular posts from this blog

Deni Prasetya Mempelopori Silaturahmi antar Perguruan Silat Se Jember

GPK Se Jatim Deklarasi Pemenangan Khofifah - Emil